LUBUKLINGGAU - Libas Coruption.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau sudah mulai mempersiapkan tahapan menuju pemilihan kepala daerah. Dalam waktu dekat yakni pada 13 Juni 2024 akan dibuka rekrutmen Petugas Pemutakhiran Pemilih (Pantarlih).


Ketua KPU Lubuklinggau, Aspin Dodi mengatakan bahwa pihaknya sudah menyelesaikan tahapan rekrutmen Ad Hoc. Semua persiapan menjelang pilkada sudah berjalan sesuai dengan targetnya.


"Persiapan KPU sendiri saat ini untuk tahapan rekrutmen Ad Hoc sudah selesai semua. Ada rekan-rekan PPK untuk di Kecamatan dan PPS itu di Kelurahan," katanya Rabu (5/6/2024)

Aspin menjelaskan ada 40 anggota PPK yang sudah dilantik dan mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) agar makin siap untuk melaksanakan tugasnya. Sementara untuk PPS ada 216 orang untuk 72 kelurahan.

"Aturan dari pusat sudah keluar untuk rekrutmen Pantarlih. Mereka bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih yang berasal dari BP4. InsyaAllah tanggal 13 nanti akan dilakukan rekrutmen," ucapnya.

Aspin menyebutkan Pantarlih di tiap TPS akan ditempatkan 2 orang. Dari pemetaan awal, kata dia, ada 322 TPS di Lubuklinggau sehingga membutuhkan 644 orang Pantarli nantinya.

Untuk antisipasi terjadinya konflik sendiri, Aspin mengaku Pilkada 2024 akan berjalan dengan lancar melihat dari pilkada-pilkada sebelumnya.

"Sejauh ini tidak ada konflik, jika ada mungkin konflik terjadi pada masa dari para paslon dan itu bukan ranah kami. Namun, bila ada konflik dari anggota TPS atau oknum yang melakukan kecurangan, nanti bisa diurus oleh pihak penyelenggara. Tapi selama ini belum pernah terjadi konflik yang seperti itu," tuturnya.

Aspin mengimbau agar masyarakat Lubuklinggau bisa cerdas dalam memilih pasangan calon wali kota dan wakil wali kota di Lubuklinggau. Di antaranya dengan melihat rekam jejak dan visi misinya sehingga tak salah memilih.(Efran Arbi/adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama